Jumat, 16 Januari 2015

ANALISIS ANIMASI PROSES TERJADINYA HUJAN (T1)

Muhammad setiawan
3ia04
54411978

Musim yang terdapat diIndonesia ada dua, yaitu musim hujan dan musim panas. bulan sekarang ini hujan sering kali terjadi diindonesia, tapi tahukah bagaimana proses terjadinya hujan tersebut?, kali ini saya akan menganalisis proses terjadinya hujan lewat video animasi blender.

Untuk membuat animasi proses terjadinya hujan ini menggunakan software blender, kenapa dianimasi milih menggunakan blender karena Blender merupakan program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk di kembangkan oleh penggunanya dan dapat di distribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royal kepada developer, dan dapat di publikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blendermerupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.

Keunikan dan kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya. Hal ini Karena Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan C++, C, dll. Oleh karena itu aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup mudah dimengerti dan dipahami oleh masyarakat banyak khususnya siswa-siswi dikarenakan aplikasi ini menggunakan langkah-langkah yang tidak terlalu sulit.

Animasi ini terdiri dari beberapa Timeline animasi, ada timeline pergerakan (terbit matahari, air, lampu dan sebagainya) yang digunakan menggunakan beberapa location (klik objek yang ingin digerakkan lalu klik timeline awal tekan i pilih location klik timeline berapa waktunya tekan i location), dan pergerakannya juga terpengaruh oleh Arah pivot point. berikut gambar tontoh pembuatan pergerakan animasinya:



untuk menyatukan animasinya menggunakan video editing diblender, hasilnya seperti gambar dibawah ini:

efek-efek yang terdapat pada awan dilakukan dengan mesetting seperti gambar dibawah ini:


dari analisis diatas mari kita lihat hasil animasi proses pembuatan hujan dibawah ini
video animasinya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar