Jumat, 28 November 2014

ANALISIS DESAIN MODEL GRAFIS DALAM VIDEO ANIMASI PEMBUATAN MOBIL

MUHAMMAD SETIAWAN
54411978
3IA04

ANALISIS DESAIN MODEL GRAFIS DALAM VIDEO ANIMASI PEMBUATAN MOBIL 


Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movére’ (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.

Bila yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk menentukan siapa penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769. 

Dizaman sekarang ini banyak orang yang menggunakan mobil, dari berbagai kalangan menggunakan berbagai macam dan harga. tetapi tidak sedikit yang menggunakan mobil tidak mengetahui cara pembuatannya maka disini saya mengambil tentang analisis vedeo animasi pembuatan mobil diharapkan agar pengguna bisa membuat mobil sendiri melalui tutorial animasi.

           Animasi mobil ini tidak terlalu rumit, dan gerakan mobilnya cukup linear saja, karena mobil bukanlah merupakan inti dari presentasi. Dan penggeraknya hanya dummy saja yang dikaitkan dengan Look At constrain, Position Constrain, Orientation Constrain dan Path constrain.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan perintah animasi :
  1. Arah pivot point, karena menggunakan link, arah pivot point bisa terpengaruh dengan parent dari link
  2. Hirearki atau urutan perintah. Karena beberapa perintah akan memiliki pengaruh lebih kuat terhadap suatu object daripada perintah lainnya. Misalnya Look At constrain jika digunakan sebelum Link, tidak akan memiliki pengaruh terhadap object. Karena link akan mengunci perintah yang diberikan sebelumnya.
  3. Saat menggunakan orientation Constrain, perhatikan apakah Transform rule nya Local ataukah World, karena jika menggunakan world, maka constrain sebelumnya tidak akan berpengaruh.
        Didalam video ini berdurasi 11 menit 23 detik dapat kita lihat animasi ini menggunakan konsep 3d, video ini menampilkan secara detil bagian mobil seperti mobil asli, divideo ini menggunakan aplikasi 3dmax.Untuk contoh videonya dapat dilihat dilink ini: 
https://www.youtube.com/watch?v=9D9okXRfMRQ



sumber:


http://azri3d.blogspot.com/2011/09/max-13-animasi-arsitektur-105-animasi.html
https://www.youtube.com/watch?v=9D9okXRfMRQ







Tidak ada komentar:

Posting Komentar